<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d17253534\x26blogName\x3dMe+Ordinary+People\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://metabe.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://metabe.blogspot.com/\x26vt\x3d1493338880194554238', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Sunday, June 03, 2007
:: Mengenal Partisi dan Direktori di Linux ::


Daku mau share nih about partisi di linux, sebenarnya sih spesial buat mas Budi..hehehe...dia request via YM, waktu daku coba jelasin..yasud daku coba tulis pas makan siang, hehehe... semoga bermanfaat deh.. Angkat Gelas


/ (root)
Partisi ini biasanya digunakan untuk penyimpanan files yang bersifat sementara, ini dibutuhkan sebelum linux dapat me mount partisi /usr.File-file tersebut seperti Linux kernel dan Boot Image, dan semua file-file binary penting serta banyak file-file log yang juga penting.Partisi ini juga digunakan untuk ruang sementara ketika system beroperasi yang membutuhkan performance, seperti membangun atau membuat packet RPM dari source file RPM.

/usr
Partisi ini menjadi salah satu partisi yang membutuhkan space besar, karena banyak binary file yang di butuhkan linux, seperti banyak installasi software, web pages, squid proxy cache, samba share files, semua local instalasi log file dan lain-lain disimpan disini.
Beberapa directory local /usr :
#/usr/doc
Dokumentasi yang berhubungan ke instalasi program.
#/usr/bin
Program Execute yang tidak dibutuhkan saat booting atau repair system.Program ini biasanya hanya utility tool etc..
#/usr/local/src
Source code untuk instalasi aplikasi

/home
Partisi ini gunakan untuk home directory tiap-tiap user, dibutuhkan jika anda menyediakan shell account ke tiap-tiap user.Sebaiknya besar partisi ini disesuaikan dengan banyak user dalam box tersebut.

Tips :
Kalau kk” mempunyai banyak user dalam satu mesin dengan email masing”, dan yang nantinya akan membutuhkan space banyak.Ada baiknya partisi ini di perbesar sesuai kebutuhan..

SWAP
Linux menyediakan sesuatu yang di sebut virtual memory, partisi ini yang dimaksud sesuai dengan fungsinya.Partisi ini dibuat dua kali lebih besar dibandingkan ukuran physical RAM yang tersedia, ketika memory physical RAM yang tersedia penuh, SWAP partisi ini digunakan untuk membantu.

Tips :
Kalau kk” mempunya physical RAM sebesar 256 MB, maka untuk partisi SWAP di set dua kali lebih besar menjadi 512 MB.

/var
Partisi ini digunakan untuk menyimpan file variable, file di /var ini dinamik dan terus menerus di tulis atau terjadi perubahan.
Beberapa directory local dengan /var :
# /var/spool
File Print Jobs, mail spool etc..
#/var/log
File yang berisi informasi log
#/var/run
File yang berisi proses ID, dari service yang berjalan..

/boot
Partisi yang digunakan untuk menyimpan directory yaitu file yang dibutuhkan saat linux melakukan proses booting.Seperti file vmlinux, dan file kernel linux etc..

/etc
Direktory yang berisi file konfigurasi mesin local, program menyimpan konfigurasi di directory ini dan file ini menjadi referensi ketika program running.

/mnt
Digunakan untuk mount file system sementara, ketika mount cdrom atau usb flashdisk.Standar lokasi mount point tersebut berada di /mnt/cdrom or /mnt/sda1 etc..

/proc
Menyediakan informasi proses yang berjalan dan informasi kernel.Direktory ini digunakan sebagai system informasi hardware seperti RAM, CPU etc..

Example :
/proc/cpuinfo
 
posted by -MuHaMaD IqBaL- at 3:27 PM | Permalink |


1 Comments: